TIPS BIJAK MEMILIH SMARTPHONE

0
114

Beberapa orang pernah merasa menyesal saat membeli smartphone, karena tidak sesuai dengan espektasi awal ketika ponsel idaman masih sebatas bayangan saja.  Jauh setelah ponsel idaman dibeli, ternyata beberapa hal mulai mengganggu, mulai dari performa yang lemot, baterai cepat habis, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut sering dijumpai oleh masyarakat modern saat ini. Nah, supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari, ada baiknya sebelum membeli smartphone atau ponsel cerdas diperhatikan terlebih dahulu spesifikasi utamanya seperti, prosessor, GPU, RAM, baterai, dan layar ponsel. Jika terasa ribet, maka cukup pilih sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki saja yah.

Ada banyak pilihan brand terkenal yang bisa menjadi patokan utama dalam membeli ponsel. Jika kita tidak mau ribet-ribet, karena si ponsel hanya untuk kebutuhan penggunaan biasa-biasa saja, maka kamu bisa memilih membeli ponsel I-phone yang bersistem operasi IOS atau Microsoft Lumia yang bersistem operasi Windows phone.

Kenapa dua brand ini disarankan?

Karena di dua ponsel ini jarang sekali ditemukan kendala serius di software maupun hardware. Di dua ponsel ini juga jarang ditemukan masalah seperti aplikasi forced close atau gagal booting (saat di hidupkan cuma menampilkan logo saja). Kemudian selain sangat mudah digunakan karena user interface yang simple, tapi dua ponsel ini juga cocok untuk memenuhi kebutuhan harian seperti untuk telepon, sms, browsing, chatting, office editor. Tapi ingat, tidak termasuk kesalahan pada penggunaan yah.

Bagaimana dengan ponsel Android?

Wah mesti hati-hati kalau kamu memilih ponsel dengan sistem android. Jangan asal pilih karena iming-iming murah dan keluaran terbaru, tetapi akhirnya menyesal karena spesifikasi yang mengecewakan. Belilah ponsel sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Ada beberapa kebutuhan dari pengguna pada umumnya yang biasa diperhatikan. Apa saja itu? ini dia :

1. Multimedia

Kebutuhan multimedia biasanya untuk membuat foto dan video. Untuk menghasilkan kualitas foto atau video yang bagus disarankan menggunakan ponsel yang memiliki keunggulan utamanya pada kamera. Bukan hanya pada pixelnya saja yang besar, tetapi perhatikan juga faktor sensornya, karena faktor sensor sangat membantu pencahayaan untuk mendapatkan hasil yang lebih detail. Maka rekomendasinya, kamu bisa memilih Vivo Y83, Nokia 6, Nokia 8, Huawei P20 atau Sony Z5.

2. Gaming

Baru-baru ini vendor hardware terkenal yaitu Razer, mengeluarkan ponsel khusus gaming. Ponsel ini sangat memanjakan penggunanya untuk betah bermain game, tetapi harga menjadi penentu utama. Di pasaran smartphone saat ini juga terdapat beberapa ponsel murah yang bisa menandingi pemenuhan kebutuhan tersebut. Contohnya, ada ponsel Nubia M2, Motorola G5 Plus, Redmi A1, dan Honor 9 Lite. Performa dari ponsel-ponsel tersebut sudah teruji untuk bermain game dengan berbekal kekuatan prosesor snapdragon 625 ke atas, dilengkapi RAM 3GB, ah pokoknya sudah sangat pas untuk bermain game online apapun.

3. Social Networking

Nah, kalau kebutuhan yang satu ini, tidak perlu susah milih-milih ponsel. Karena pada dasarnya kebutuhan terbesar pengguna hanya digunakan untuk kebutuhan harian seperti bersosial media, browsing, chating, E-mail dan lain sebagainya. Kalaupun dipakai untuk gaming, paling hanya cukup untuk bermain Mobile Legend atau Dungeon Hunter 5. Tetapi tetap prioritaskan membeli ponsel dengan kapasitas RAM 2GB ke atas, karena yang menjadi faktor paling dikeluhkan oleh pengguna pada android adalah aplikasi yang sangat membebani kapasitas dan kinerja RAM untuk menghadirkan ponsel pintar dengan kemampuan multi-tasking yang cepat. Jadi biasanya kalau ukuran RAM-nya kecil, sulit sekali untuk menginstal banyak aplikasi dan menjalankannya secara bersamaan.

Sebagai tambahan saat kamu akan membeli smartphone, coba cek terlebih dahulu Operating System android yang digunakan. Di beberapa vendor ponsel, OS android telah banyak dimodifikasi dan disesuaikan (custom OS) untuk kebutuhan pengguna, seperti COLOR OS buatan Oppo, Flyme OS dari Meizu, MIUI rakitan dari Xiaomi dan masih banyak lagi. Untuk mempermudah pemilihan OS, carilah sistem terbaru dari android, seperti OS android Noughat dan Oreo. Karena menggunakan OS lama bisa memperburuk performa mesin tanpa adanya lagi update sistem secara berkala.

Jadi gimana sudah terbayang mau membeli ponsel pintar yang bagaimana?