Sudah Pada Tahu Artificial Intelligence Belum?

0
97

Saat Perang Dunia ke II, pasukan sekutu beberapa kali mengalami kesulitan untuk membaca arah serangan pasukan Nazi Jerman. Mereka cukup kepayahan melakukan penyadapan dan menganalisa sandi-sandi peperangan yang dibuat oleh Jerman untuk mengerahkan pasukannya. Ditengah kesulitan itu mereka menemukan sosok yang bernama Alan Mathison Turing.

Kejeniusan dalam matematika dan komputer menarik perhatian pasukan Sekutu untuk merekrutnya. Ia dibutuhkan untuk menguraikan pesan-pesan yang dienkripsi oleh mesin enigma Jerman. Dia lalu memimpin sebuah tim yang merancang mesin bombe dan berhasil memecahkan sandi pesan Jerman yang menyediakan data intelijen penting bagi sekutu.

Sumber Foto: flavorwire.com

Pasca Perang Dunia, Alan Turing menjadi salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam pencetusan ide tentang teknologi artificial intelligence pada pertengahan tahun 50-an. Ide-idenya telah berubah menjadi banyak hal di masa kini bahkan masa depan.

Emang apa sih Artificial Intellegence (AI) alias kecerdasan buatan itu?

Awalnya mungkin dari khayalan, cerita dan film-film tentang itu. Hingga kemudian menjelma menjadi seperangkat teknologi berupa komputer, robot hingga program-program komputer yang ada di berbagai sektor kehidupan.

Ramalan cuaca, penyaring e-mail spam, prediksi di mesin pencari merupakan bentuk-bentuk dari teknologi AI. Di sektor pendidikan ada e-Learning, di sektor pertahanan dan keamanan ada pesawat drone dan siluman stealth, di sektor perfilman berupa animasi-animasi yang sangat canggih, di sektor industri berupa robot-robot yang mampu merangkai sebuah mesin dan masih banyak lagi.

Tapi katanya, di sisi lain AI juga dapat diprogram untuk sesuatu yang menghancurkan, menggeser posisi para pembuat keputusan dan menghilangkan sisi manusiawi.

Hah, banyak laginya apa? bisa juga mobil tanpa pengemudi, teknologi keamanan rumah, robot pengasuh bayi, memasak makanan, melakukan berbagai analisa, hingga sulit dibayangkan lagi. Gambaran jelasnya mungkin bisa dilihat dari video di bawah ini: