Selamat Hari Satelit Palapa

0
128

Sejak tahun 1960-an pemimpin dan ilmuwan terbaik bangsa kita ini sudah membicarakan pentingnya satelit bagi perkembangan informasi dan komunikasi bagi Indonesia. Di masa itu wacana ini menimbulkan kontroversi karena satelit membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Apalagi waktu itu kondisi negara dianggap kurang mampu dan hanya negara adidaya seperti Uni Soviet dan Amerika Serikat saja yang mampu mengelolanya.

Baru pada awal April 1974 secara resmi pemerintah mengumumkan rencana pembangunan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD). Langkah ini juga tak kalah kontroversi seperti sebelumnya dimana saat Prof. Dr. Ing. Iskandar Alisjahbana menyampaikan gagasan pentingnya teknologi satelit bagi Indonesia di Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun pemerintah tetap bersikukuh, Bandung dan Jakarta jadi tuan rumah simposium para pakar satelit baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Satelit sendiri wajar bahkan wajib dimiliki oleh Indonesia, mengingat kebutuhan untuk meningkatkan hubungan komunikasi jarak jauh agar pesatnya perkembangan ekonomi negara dapat dilayani dengan cepat oleh suatu sistem komunikasi satelit domestik. Begitulah kira-kira menurut Kepala Direktorat Telekomunikasi Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Ir Yahya Sutanggar pada kegiatan simposium waktu itu.

Setelah masalah dana mampu diselesaikan dengan cepat oleh pemerintah, Indonesia bekerja sama dengan 3 perusahaan asal Amerika Serikat. Pembangunan satelit pertama selesai pada awal bulan Februari tahun 1975. Satelit ini oleh Presiden Soeharto diberi nama Satelit Palapa. Satelit ini lalu diluncurkan pada 8 Juli 1976 di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Akhirnya secara resmi Indonesia menjadi negara operator satelit komunikasi setelah Kanada dan Amerika serta menjadi negara ketujuh dunia yang memiliki satelit komunikasi.

Hingga kini kabarnya Indonesia akan memiliki 11 satelit komunikasi. Satelit terakhir bernama Telkom-4 yang diluncurkan menggunakan Roket Falcon 9 milik perusahaan antariksa SpaceX. Dengan salah satu perkembangan ini artinya negara kita benar-benar berusaha maksimal untuk bersaing ditengah percaturan perekonomian Asia Tenggara yang sedang hangat. Usaha ini juga menandakan Bangsa Indonesia sedang bersiap untuk menyongsong kebangkitan Generasi Emas pada tahun 2045.

 

Selamat Hari Satelit Palapa, 9 Juli 2018